AMIK STIEKOM SUMATERA UTARA

Jl. H. Adam Malik No 18 Rantauprapat

Telp. : 061-8216971
Fax. : 061-8216971
Email : Info@amikstiekom.ac.id
BERITA
Kamis, 13 Desember 2018 | 14:39 WIB

Sadar bencana Alam

Sabtu 08 Desember 2018 AMIK STIEKOM SUMATERA UTARA Mengadakan kegiatan seminar “SADAR BENCANA ALAM” dengan tema ”Siaga Bencana Dimulai Dari Diri Kita,Keluarga,Lingkungan dan Masyarakat”. Di AULA AMIK STIEKOM SUMATERA UTARA dengan Narasumber Bapak M.Noor Putra,BF.ST Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Labuhanbatu dan Bapak Indra Gunawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Labuhanbatu.

          Wakil Direktur III AMIK STIEKOM SUMATERA UTARA Ibu Elvitrianim Purba, Se., MM. Menjelaskan Bahwa Kegiatan ini Murni dilakukan untuk mengingatkan bahwa pentingnya kita sadar akan bencana yang akan menimpah di linkungan kita.

          Bapak M.Noor Putra,BF.ST Menyatakan bencana itu bias terjadi kapan saja dan dimana saja, bencana Bencana alam, adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit.

Bapak Indra Gunawan menyatakan bahwa Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu mempunyai tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh Indonesia. Palang Merah Indonesia tidak memihak golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya

Karena tingginya curah hujan saat ini maka dari itu kita harus sadar akan terjadinya banjir di lingkungan kita, kami mengajak agar kita sadar terhadap lingkungan kita dari kebersihan, tempat sampah dan lain sebagainya. (AK)